topik diskusi masalah HACCP - THP Unila

TOPIK DISKUSI

  1. Apa yang dimaksud dengan HACCP, dan jelaskan ruang lingkupnya dalam industri makanan (sejauh yang anda ketahui)
  2. Mengapa Industri Pangan perlu, bahkan harus menerapkan Prinsip-prinsip HACCP? Apa keuntungan bagi industri makanan yang menerapkan sistem HACCP dan kerugian jika mengabaikannya?
  3. Apa perbedaan mendasar antara prinsip HACCP dengan Pengawasan Mutu Makanan dalam kaitannya dengan mutu keamanan makanan, mengapa penerapan HACCP lebih menjamin keamanan makanan dan lebih menguntungkan bagi industri pangan ketimbang pengawasan mutu, yang pengujiannya hanya dilakukan pada ujung proses produksi?
  4. Apa yang Anda ketahui tentang SSOP (standar prosedur sanitasi) dan GMP? Mengapa sebuah industri makanan perlu mengembangkan dan menerapkan SSOP dan GMP? Apa keuntungannya bagi industri, masyarakat dan pemerintah?
  5. Menurut literatur, syarat bagi industri makanan dapat menerapkan sistem HACCP adalah bahwa industri tersebut telah menerapkan SSOP (standar prosedur sanitasi) dan GMP (good manufacturing practicing). Mengapa demikian? Apakah mungkin industri makanan menerapkan sistem HACCP tanpa terlebih dahulu menerapkan SSOP dan GMP? Mengapa

TEKNIS DISKUSI

  1. Peserta dibagi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari minimal 5 orang
  2. Setiap orang dalam suatu kelompok merupakan anggota tim ahli yang bertugas menemukan jawaban terhadap satu permasalahan yang dihadapi.
  3. Setiap satu permasalahan di atas harus mampu dijawab oleh sebuah tim ahli yang terdiri dari perwakilan dari semua kelompok. Jadi terdapat sebanyak 5 tim ahli yang masing-masing tim tersebut menjawab satu permasalahan yang berbeda.
  4. Jawaban terhadap permasalahan yang disepakati oleh tim, akan dibawa oleh masing-masing anggota tim ahli untuk disampaikan dan dijelaskan kepada anggota lain di kelompoknya masing-masing.
  5. dengan demikian, akhirnya setiap orang dalam kelompok tersebut dapat menjawab semua permasalahan yang dihadapi.

No comments: